6/10/2009 05:09:00 PM
0


“Dan Allah maha kaya, sedangkan kalian adalah orang-orang fakir”. (Muhammad: 38)

Kebutuhan dan kefakiran adalah sifat dasar yang melekat pada diri manusia. Karena mereka fakir dan membutuhkan, maka mereka berbuat baik satu sama lain, sebab masing-masing membutuhkan dan mengambil manfaat dari perbuatan tersebut. Tidak bisa dipungkiri, Manusia punya kecenderungan egois, mementingkan diri sendiri dan memiliki pamrih. Ga sepi dari pamrih. Tidak satu perbuatanpun yang dilakukan tanpa adanya tendensi.

Seandainya seseorang tidak membayangkan adanya manfaat, niscaya ia tidak berbuat baik kepada orang lain. Karna pada hakekatnya ia hanya ingin berbuat baik untuk dirinya sendiri. Perbuatan baiknya kepada orang lain hanyalah sarana baginya untuk memperoleh manfaat untuk dirinya sendiri. Dalam hal ini ada 3 alasan utama seseorang melakukan sesuatu :

Manusia berbuat baik kepada orang lain karena mengharapkan balasan, yang berarti ia membutuhkan balasan atau imbalan atas perbuatan baiknya. Baik itu materi atau pemuasan hasrat duniawinya yang terpenuhi dengan menggunakan orang lain.

Klo tokh bukan karna tendensi itu, bisa jadi ia menginginkan pujian, sanjungan, penghargaan dan rasa terima kasih atas kebaikannya. Untuk memenangkan piala atau predikat tertentu yang terbaik dan ter yang lain misalnya.

Sisi terbaiknya adalah, jika ia berbuat baik untuk mendapatkan balasan dari Allah swt di akhirat. Hanya saja ia menunda pengambilan balasan itu hingga suatu hari ia membutuhkannya. Dengan tujuan ini tidak menjadikannya tercela. Karena dia fakir yang membutuhkan. Dan inilah sebaik-baik motivasi untuk melakukan ato menolak sesuatu. Wallahu’alam

Ramadhan sebentar lagi, hiasi hati dan perbaiki diri. Semoga lebur dosa-dosa sepanjang hari. Tuk meraih ridlo Ilahi. Ya Allah, sampaikanlah kami kepada Ramadhan… berkahilah kami di bulanmu yang suci. Amiin

0 komentar:

Plan Your Work and Work Your Plan

Plan Your Work and Work Your Plan