10/07/2017 07:00:00 AM
0

Tidakkah kita sadari bahwa setiap kedip tatapan, ada Robb-mu yang menyaksikan. Setiap apa yang terdetik dalam hati ada Robb-mu yang maha mengetahui. Setiap hembusan suara yang diucapkan ada Robb-mu yang maha mendengarkan. Dan setiap derap langkahmu, apakah untuk hajat kebaikan ataupun keburukan, ada Robb-mu yang maha melihat. Maka sebaik-baik ketakutan adalah ketakutan seorang hamba kepada Robb-nya, kalau kalau perbuatannya alih alih mendapatkan ridlo-Nya malah mendatangkan murka-Nya. Wa’iyadzubillah.

Manusia Berakal

Seorang yang lebih menyukai kerendahan hati daripada kemuliaan, menganggap banyak, sedikit saja kebaikan yang orang lain lakukan kepadanya. Sebaliknya, menganggapnya sedikit meskipun banyak kebaikan yang telah dilakukannya.

Ia tidak pernah merasa bosan dengan kebaikan yang diperbuatnya, karena ia merasa apa yang telah dilakukannya masih banyak kekurangannya. Dan ia selalu merasa (dapat menyaksikan pada dirinya) bahwa ia bisa melakukan kebaikan itu semata dikarenakan karunia Allah, bukan oleh kehebatannya.

Itulah sebagian perilaku orang orang mukmin yang berakal dan bersegera menuju rahmat Allah serta ampunan Nya. Wallahu musta’an. Allahu’alam.

#muhasabah
#renungan
#ihsan
#taqwa








0 komentar:

Plan Your Work and Work Your Plan

Plan Your Work and Work Your Plan