2/01/2016 01:52:00 PM
0


Tidak usah risau jika kebaikanmu tidak dinilai baik, karena itu berarti kebaikanmu tersembunyi  dari pandangan mata manusia, sedangkan Robb-mu maha menatap (semoga engkau mendapatkan pahala ikhlas).

Jangan bersedih ketika orang lain membicarakan keburukanmu, semoga itu bisa menahanmu dari merasa telah menjadi ‘manusia baik’ sehingga engkau akan terus berusaha memperbaikinya dan meninggalkan keburukannya. Dan kalaulah tidak demikian setidaknya dosamu bisa dikurangi, atau engkau mendapatkan pahala mereka. 

Cemaskanlah jika hanya sedikit amalmu yang tersembunyi dari tatapan manusia dan sedikit sedekahmu kepada orang-orang miskin  yang tiada mengenalimu. Karena penyebutan gelar dermawan, orang baik, dst bisa saja merenggut kebaikanmu saat itu memuaskan hatimu.

Resahlah jika sedikit jengkal tanah/bumi yang bersaksi untukmu di hari kiamat (sholat).  Atau mushaf AlQuran atau sedikit bagian tubuhmu yang bersaksi atas lantunan bacaanmu. Saudaraku, semoga kita menemukan banyak saksi dan pembela di kelak hari kiamat. Aamiin..

Allah Ta’ala berfirman,“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat serta menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Menyukuri.” (QS. Fathir: 29-30)

Allah Ta'ala berfirman, “....... dan didatangkan dengan nabi-nabi dan para saksi...... ” (az-Zumar : 69)
 
Syaikh Shalih Al-Maghamisy, Imam Masjid Quba dalam sebuah daros beliau menasehatkan,

“ Orang paling berakal diantara manusia adalah mereka yang mempunyai banyak saksi dan mereka bersaksi untuknya di hari kiamat. Dan para saksi ini bukan dari (golongan) manusia karena ditakutkan bisa saja ada riya’ di sana, akan tetapi para saksi tersebut adalah setiap jengkal tanah/bumi yang engkau shalat di atasnya. (Atau) Orang miskin yang tiada mengenalmu dan engkau memberinya sedikit sedekah. Dan (atau) amalan-amalan sejenis yang tidak terlihat oleh pandangan mata manusia. Maka, tempatnya amalan yang seperti ini adalah bahwasanya kelak akan menjadi saksi untukmu di akhirat. Sepatutnya setiap orang mencari amalan yang sholeh, yang kelak bisa menjadi saksi dan membelanya di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala. Nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Bacalah surat Az-Zahrowain, yaitu Al-Baqarah dan Ali Imran. Karena sesungguhnya keduanya akan datang pada hari Kiamat seperti dua buah awan atau seperti dua kawanan burung yang sedang terbang berbaris membela orang-orang yang biasa membacanya.”  

Bacalah Al-Quran surat Az-Zahrowain, yaitu Al-Baqoroh dan Al-Imron, karena dua surat ini akan datang pada hari kiamat membela para pembacanya. Maka sesseorang hendaknya mengerjalan amalan yang disyariatkan, yang nantinya akan membelanya di hari kiamat.” 

Wallahu’alam bisshowab

0 komentar:

Plan Your Work and Work Your Plan

Plan Your Work and Work Your Plan