2/05/2016 08:41:00 AM
0


Seringkali seseorang pikirannya disibukkan oleh besarnya masalah yang dihadapi, sehingga Robb-nya Yang Maha Perkasa ia lupakan. Repot banget mencari-cari bantuan sesama makhluq untuk mengatasi masalahnya, sedangkan mengingat Al-Kholiq sedikit saja. Padalah Dia-lah Allah Ta’ala yang berfirman,
الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلا وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ
Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al Mulk: 2)
Kita tahu itu, tapi seringkali lupa. Baru kalau sudah mentok, inget dech.. Bukankah rasul-Nya yang mulia pun telah memperingatkanmu,

تَعَرَّفْ إِلَى اللهِ فِي الرَّخَاءِ يَعْرِفْكَ فِي الشِّدَّةِ
“..... Hendaklah kamu mengingat Allah (Kenalilah Allah) di waktu lapang (senang), niscaya Allah akan mengingat kamu (mengenalimu) di waktu sempit (susah). “disaat lapang, niscaya Allah akan disaat sempit.....” (HR. At-Tirmidzi).

Parahnya lagi, ia berandai-andai dengan keburukan yang belum tentu terjadi. Bahasa bisnis-nya bikinlah plan A dan plan B, dst. Ga salah sih, tapi alangkah eloknya jika ikhtiar itu tidak mendahului takdir Allah. Atau sebaliknya seseorang berangan-angan terlalu tinggi (tulul amal), sehingga ia berbuat apa saja untuk menggapai impiannya, seolah-olah kebaikan-nya sudah di tangan. Allahu’alam.

0 komentar:

Plan Your Work and Work Your Plan

Plan Your Work and Work Your Plan