1/27/2016 12:44:00 PM
0
Sebagian orang yang pernah hidup bersama kita telah mencapai masanya. Sekiranya mereka kembali, bisa jadi mengabarkan betapa banyak waktu yang disiasiakan. Betapa berharga sekedar sholat 2 rakaat saja. Betapa serupiah saja terlalu sayang dibelanjakan, kecuali diinfak sedekahkan. Betapa bersama keluarga membicarakan perkara agama lebih bernilai dibandingkan memburu dunia atau menghabiskan kunjungan di tempat wisata.

Sayangnya kabar mereka tidak pernah sampai kepada kita. Karena saat ini ada urusan yang lebih menyibukkan mereka, menantikan hari kebangkitan. Antara surga dan neraka yang kelak ditemuinya. Masalahnya kita sendiri sering lupa, bahwa kita pun akan mengalaminya. Maka, cukuplah kematian sebagai peringatan. Allahu'alam.

Semoga Allah jauhkan kita dari segala bentuk kelalaian (dari mengingat-Nya). Semoga Allah dengan rahmat-Nya mengaruniakan kepada kita sebaik-baik kenikmatan. Yakni memandang wajah-Nya, pagi dan petang. Aamiin yaa Robb...

Allah Ta’ala berfirman :

{لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَى وَزِيَادَةٌ وَلا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلا ذِلَّةٌ أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ}
 
“Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya (melihat wajah Allah Ta’ala). Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya” (QS Yunus:26).


Dalam hadits yang shahih dari seorang sahabat yang mulia, Shuhaib bin Sinan radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِذَا دَخَلَ أَهْلُ الْجَنَّةِ الْجَنَّةَ قَالَ يَقُولُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى تُرِيدُونَ شَيْئًا أَزِيدُكُمْ فَيَقُولُونَ أَلَمْ تُبَيِّضْ وُجُوهَنَا أَلَمْ تُدْخِلْنَا الْجَنَّةَ وَتُنَجِّنَا مِنْ النَّارِ قَالَ فَيَكْشِفُ الْحِجَابَ فَمَا أُعْطُوا شَيْئًا أَحَبَّ إِلَيْهِمْ مِنْ النَّظَرِ إِلَى رَبِّهِمْ عَزَّ وَجَلَّ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ بِهَذَا الْإِسْنَادِ وَزَادَ ثُمَّ تَلَا هَذِهِ الْآيَةَ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَى وَزِيَادَةٌ

“Jika penghuni surga telah masuk surga, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, (yang artinya) “Apakah kalian (wahai penghuni surga) menginginkan sesuatu sebagai tambahan (dari kenikmatan surga)?” Maka mereka menjawab, “Bukankah Engkau telah memutihkan wajah-wajah kami? Bukankah Engkau telah memasukkan kami ke dalam surga dan menyelamatkan kami dari (azab) neraka?” Maka (pada waktu itu) Allah membuka hijab (yang menutupi wajah-Nya Yang Maha Mulia), dan penghuni surga tidak pernah mendapatkan suatu (kenikmatan) yang lebih mereka sukai dari pada melihat (wajah) Allah Azza wa Jalla”. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ayat tersebut di atas. (HR. Muslim).

0 komentar:

Plan Your Work and Work Your Plan

Plan Your Work and Work Your Plan