10/10/2015 01:11:00 PM
0


Betapa sangat meruginya seorang yang berilmu, namun ia tidak mengamalkan ilmunya. Wa’iyadzubillah. Sementara seorang muta’alim (penuntut ilmu) mengamalkan ilmu yang diperoleh darinya dengan sungguh-sungguh.

"Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan." (TQS. As-Shof : 2-3)

Betapa bangkrutnya seorang hartawan karena kebakhilannya. Ia mati dan tidak meninggalkan sedikitpun harta yang bermanfaat untuknya di akhirat. Wa’iyadzubillah. Sedangkan pewarisnya justru menyedekahkan sebanyakbanyaknya harta darinya untuk mendapatkan bahagian untuk kehidupan akhiratnya.

 Jadilah kamu orang yang memiliki kelembutan yang cerdas dan kesamaran yang lembut. Kalau ada seekor lalat yang hinggap di tubuhmu, maka Allah-lah yang menerbangkannya dan membiarkannya hinggap. Jika ada sebutir benih yang tumbuh dari suatu tanaman, maka Allah-lah yang menumbuhkannya. Maka, sekecil apapun yang baik dan buruk, sesuatu yang menimpamu, itu datangnya dari Allah. Tidak akan pernah terjadi melainkan dengan perkenan-Nya. Allahu'alam.

 

0 komentar:

Plan Your Work and Work Your Plan

Plan Your Work and Work Your Plan