5/14/2019 06:30:00 AM
0

Pengaguman seseorang pada orang lain tergantung pada kadar pengetahuannya terhadap orang yang dikaguminya tersebut. Ada nama-nama tertentu di kalangan para sahabat Rasulullah saw yang mungkin lebih akrab dalam benak kita dengan tidak bermaksud mengecilkan yang lainnya. Tidak dipungkiri sahabat Abu Bakar As-Shidiq memiliki kedudukan paling tinggi diantara para sahabat Rasulullah yang lain, namun bagi sebagian orang lebih dekat dengan sosok seperti Umar bin Khatab atau Ali bin Abi Thalib. Bahkan Salman Al farisi atau Abdurrahman bin Auf. Mengapa bisa demikian ? Karena selain pengetahuannya terhadap sosok-sosok tersebut dengan kesempurnaan ilmu yang membuat mereka mengaguminya, mereka telah jatuh cinta pada bentuk-bentuk yang hanya bisa disaksikan oleh mata batinnya.

Karenanya, bagaimana aku tidak mencinta Allah, Robb alam semesta. Yang kemulian dan keagungan-Nya bisa kusaksikan dari seluruh ciptaan-ciptaannya. Bagaimana aku tidak mencintai Dzat yang kehidupan dan keberadaanku karena kehendak-Nya. Yang mengatur dan memenuhi kebutuhan hidupku sekaligus menjadi tempat kembaliku.

Sungguh kalaulah kita melihat sebuah lukisan nan elok, maka pengaguman kita kepada kepiawaian pelukisnya membuat kita melupakan lukisan itu sendiri. Allahu’alam.

“.... Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya.” (Al Maidah : 54)

0 komentar:

Plan Your Work and Work Your Plan

Plan Your Work and Work Your Plan