10/16/2012 05:00:00 AM
0

Nabi Ibrahim alaihissalam yang bergelar kholilullah tidak hanya meninggalkan meninggalkan anak dan istrinya di lembah yang tandus, sunyi tidak ada tumbuh tumbuhan dan manusia seorangpun, namun beliau juga berdo’a :

Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.(Ibrahim 37)

Hari ini Mekah Al Mukaromah menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi dan benar adanya, buah-buahan apapun bisa didapati di sini. Lebih 1,5 milyar manusia setiap tahunnya memperingati semangat tadhiyah (pengorbanan) beliau. Dan sepanjang sejarah, tidak ada satupun perilaku seseorang yang dijadikan dasar ritual ibadah melainkan perilaku keluarga Nabi Ibrahim alaihissalam. Wukuf di Arafah, bermalam di Muzdalifah, melempar jumrah, menyembelih hewan qurban, thawaf, sa’i, dst. Wallahu’alam.

0 komentar:

Plan Your Work and Work Your Plan

Plan Your Work and Work Your Plan