3/03/2018 12:49:00 PM
0


Dikisahkan ada seorang shalih yang setiap ditimpa musibah selalu berkata, “Ini adalah sesuatu yang baik.”

Pada suatu malam serigala datang memangsa ayam jagonya, maka ia pun berkata, “Ini adalah sesuatu yang baik.” Kemudian anjing penjaga ternaknya pun dipukul orang hingga mati, saat disampaikan kepadanya, ia pun berkata, “Ini adalah sesuatu yang baik.” Tak berapa lama keledainya meringkik lalu mati. Ia pun berkata, “Ini adalah sesuatu yang baik, insya Allah.”

Keluarganya merasa heran dan tidak mengerti mengapa ia berkata seperti itu. Hingga pada suatu malam sekelompok orang datang menyerang kampungnya. Mereka membunuh semua orang yang ada di kampung itu dan tidak seorangpun selamat melainkan dia dan keluarganya. Mereka yang menyerang tersebut menjadikan suara ayam jago, gonggongan anjing, dan ringkikan keledai sebagai tanda bahwa rumah itu ada penghuninya, sementara semua binatang miliknya telah mati. Jadi, kematian semua binatang itu merupakan kebaikan dan menjadi penyebab dirinya selamat dari pembunuhan. Maha Suci Allah Yang Maha Mengatur dan Maha Bijaksana..

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 216).

Allahu’alam

0 komentar:

Plan Your Work and Work Your Plan

Plan Your Work and Work Your Plan